Install Google Apps di Emulator Android, Genymotion

Install Google Apps di Emulator Android, Genymotion
Install Google Apps di Emulator Android, Genymotion
Install Google Apps di Emulator Android, Genymotion - Siapa yang gak butuh aplikasi Google sekarang? Kayanya gak ada, deh. Ya, kali ini gue mau share mengenai aplikasi yang dimiliki oleh Google. Yang lebih tepatnya aplikasi Google untuk Android. Google dan Android merupakan sesuatu yang tidak dipisahkan, saling dimembutuhkan satu sama lain. Google tanpa Android, hampa. Android tanpa Google, kosong. Begitulah kira-kira. Maka disini gue akan mempersatukan Google dengan Android yang berjalan di emulator, terutama Genymotion.
Genymotion adalah emulator yang diperuntukan untuk pengguna PC yang digunakan untuk menjalankan Android. Jadi, dengan emulator kita bisa mempunyai Android di PC kita. Genymotion ini gue gunakan ketika mencoba membuat aplikasi yang berjalan di Android tapi sayangnya Genymotion tidak didukung lagi oleh Google untuk menambahkan Aplikasi Google di Genymotion secara otomatis, ini menggunakan bahasa gue, ya.
Jadi, untuk menambahkan Aplikasi Bawaan Google untuk Android kita harus menambahkannya secara manual. Agar Aplikasi Google seperti Google Play Services, Google Maps, Google Now Launcher, dan lain sebagainya bias berjalan dengan baik di Emulator Android yang kita miliki. Bagaimana caranya? Berikut gue kasih tau cara untuk Install Google Apps di Emulator Android, Genymotion.

Pertama kita download terlebih dahulu Google Apps yang kita butuhkan, bisa kalian download dari http://opengapps.org/

Kemudian kita masukan file yang kita download ke dalam Emulator dengan perintah:
adb push namafile.zip /destinasi folder/namafile.zip
Sebagai contoh:
adb push open_gapps-x86-6.0-mini-20160624.zip /sdcard/Download/open_gapps-x86-6.0-mini-20160624.zip
ADB sendiri bisa kalian akses di folder (Default):
C:\Users\Username\AppData\Local\Android\sdk\platform-tools
Dengan cara tahan tombol Shift kemudian klik Kanan. Unhide folder, ya.

File yang sudah kita download sudah ada di Emulator kita, sekarang tinggal Install file tersebut dengan perintah berikut:
adb shell flash-archive.sh /destinasi folder/namafile.zip
Sebagai contoh:
adb flash-archive.sh /sdcard/Download/open_gapps-x86-6.0-mini-20160624.zip
Kemudian reboot Emulator dengan perintah:
adb reboot
Setelah reboot Emulator maka kalian akan menemukan Google Apps di dalamnya. Cara ini udah gue coba sebelumna, jadi bukan asal perintah-perintah aja, ya. Berikut screenshot dari Emulator gue yang sudah diInstall Google Apps.

Install Google Apps di Emulator Android, Genymotion
Install Google Apps di Emulator Android, Genymotion


Untuk Emulator yang gue gunakan adalah Genymotion versi 2.6.0 dengan Virtual Box. Untuk download Google Apps dari http://opengapps.org/ pilih x86, ya. Karena lebih stabil dari arsitektur yang lainnya. Baca dari FAQ's https://www.genymotion.com/faq/#category-application-deployment.

Cara tersebut bisa kalian gunakan apabila fungsi Drag & Drop tidak bisa kalian gunakan, seperti punya gue. Untuk menggunakan fungsi Drag & Drop sendiri bisa kalian gunakan dengan cara file yang kalian download Drag ke layar Emulator Genymotion kalian dan Drop dengan menjalankan sebagai Administrator. Sekian Install Google Apps di Emulator Android, Genymotion. Regards.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »