Install Driver Broadcom Pada Kali Linux 2.0

Install Driver Broadcom Pada Kali Linux 2.0 - Masih mengenai codename Sana yang ada di laptop gue, tapi beda masalah dari yang sebelumnya mengenai Repository Kali Linux 2.0. Kali ini driver wireless gue gak terdeteksi secara langsung oleh Sana. Perangkat wireless yang ada pada G410 gue adalah Broadcom BCM43142. Seri BCM43142 ini cukup terbialng "susah" dalam penggunaannya mulai dari driver yang susah dicarinya, sampe pada saat gue nulis post ini seri tersebut kurang mendukung untuk injeksi.

Install Driver Broadcom Pada Kali Linux 2.0Untuk mengatasi wireless yang tidak terdeteksi pada Sana untuk perangkat Broadcom ada beberapa solusi sepeti yang gue alami. Installasi ini bukan diperuntukan bukan hanya untuk Kali Linux 2.0 Sana saja mungkin bisa di sistem operasi lain yang berbasis open source tapi untuk kali ini gue coba pada Sana ini.

Berikut cara Install Driver Broadcom Pada Kali Linux 2.0 yang sudah gue coba:
  1. Pada tahap awal kita harus mengetahui seri Broadcom yang kita punya dengan syntax lspci | grep Network
  2. Maka akan keluar info mengenai seri Broadcom yang kita gunakan, sebagai contoh BCM43142
  3. Kemudian cek manakah driver yang kompetibel untuk perangkat kita disini -> https://wireless.wiki.kernel.org/en/users/Drivers/b43
  4. Temukan seri Broadcom yang kita gunakan pada web tersebut, apakah support untuk driver b43 atau dengan driver wl pada kolom support dan alternative
  5. Langkah selanjutnya gue bagi dua cara untuk driver b43 dan driver wl
Driver b43
Install:
# apt-get install b43-fwcutter
Mengaktifkannya:
# modprobe -r brcmsmac wl
# modprobe b43
Reboot, kemudian cek dengan perintah:
# ifconfig -a | grep wlan0
Driver wl
Install:
# apt-get install broadcom-sta-dkms
Mengaktifkannya:
# modprobe -r b43 brcmsmac
# modprobe wl
 Reboot, kemudian cek dengan perintah: 
# ifconfig -a | grep wlan0
Udah terdeteksi wireless-nya? Bisakan? Sering-sering cari hotspot kalo udah bisa mah biar bisa ngunjungin kamardepann.blogspot.com lagi. Terima kasih telah membaca Install Driver Broadcom Pada Kali Linux 2.0. Regards

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
Alfarizi_404
AUTHOR
December 25, 2015 at 10:35 AM delete

alhamdulillah punya saya udah bisa berkat ni postingan ,terimakasih banyak ya bang :D

Reply
avatar