Jenis-jenis Film Berdasarkan Waktu Rilis

Jenis-jenis Film Berdasarkan Waktu Rilis - Bagi yang sering download film, udah tau jenis-jenis film berdasarkan waktu rilis film tersebut? Mulai dari versi CAM sampe yang Blu-Ray? Ya, akhir-akhir ini aktifitas gue download film agak sedikit meningkat dari yang sering tayang di tv sampe yang baru keluar pun gue download maupun dari film lawas sekalipun. Maklum internet sampe tumpeh-tumpeh, sayang kalo gak digunain.

Jenis-jenis Film Berdasarkan Waktu RilisMari kita bahas satu-persatu Jenis-jenis Film Berdasarkan Waktu Rilis yang bersumber dari salah satu forum terbesar Indonesia, Kaskus.

1. CAM

Udah pernah nonton film yang keliatan bayang orang lewat-lewat? Nah, itu tuh  film versi CAM, biasanya orang yang niat nge-share film yang baru keluar bawa handy cam buat ngerekam film tersebut. Dan lagi biasanya layar yang kita tonton goyang-goyang gak jelas gitu. Banyak kekurangan dari versi CAM ini, mulai dari siluet orang-orang yang lewat di studio bioskop, layar yang goyang-goyang, sampe suara orang ketawa, teriak, dan ngobrol di film yang kita tonton.

2. Telesync (TS)

Ini versi peningkatan dari CAM. Telesync (TS) ini mengambil suara dari rekaman yang punya masalah pendengaran gitu, biasanya dari bangku yang ada audio jack-nya. Jadi video-nya tetep dari rekaman kamera tapi suaranya diambil dari suara rekaman tersebut. Oke, suara tepuk tangan, ketawa, dan teriaknya udah bisa diatasi walaupun tidak terlalu baik tetapi masih kadang-kadang ada suara interferensi yang kedengeran atau disebut background noise. Untuk versi TS ini biasanya direkam pada waktu-waktu sepi penonton jadi, memiliki gambar yang lebih baik dari versi CAM.

3.DVDRip

Nah, untuk DVDRip ini merupakan hasil copy-an dari kaset DVD film yang secara resmi dikeluarkan oleh pihak terkait. Dimana informasi region dan proteksi copy tersebut sudah dilumpuhkan oleh ripper tersebut sehingga DVDRip ini mudah untuk didistribusikan. Tipe ini didistribusikan dalam bentuk SVCD dan DVD atau DivX/XviD.

4. TVRip (Analog)

Versi ini merupakan versi yang direkam dari siaran yang ada di TV. TVRip ini biasanya direkam menggunakan peralatan recording seperti VHS, Betacam, atau DVR. Jadi, sumber capture-nya berasal dari koneksi Coaxial, Composite, atau s-video port.Itu port warna-warni yang ada dibelakang TV/VCD/DVD player, biasanya merah, kuning, dan putih. Untuk s-video port bentuknya tunggal berwarna hitam yang didalemnya ada pin-pinnya. FIlm yang direkam biasanya serial TV seperti film, dokumenter, konser musik, dan lainnya.

5. HDTV

Biasanya versi ini merupakan siaran TV episode yang direkam secara digital dari jaringan TV Kabel, Digital, Satelit. Ciri-cirinya pada versi ini ada flicker atau kedap-kedip pada beberapa bagian. Karena direkam dari TV Kabel; biasanya ada scene extra yang tidak tayang pada TV biasa seperti behind scene, komentar, atau episode yang akan tayang pada sesi berikutnya.

6. HDTV 720p

High Definition TV 720p merupakan film yang mempunyai high definition dengan resolusi 1280x720. Format ini biasanya dikemas dalam bentuk Blu-Ray Disk.

7. Blu-Ray Rip

Gak beda jauh dari versi DVDRip hanya yang berbeda pada sumber video yang diambil dari kaset Blu-Ray resmi yang dikeluarkan oleh pihak film. BD/BR Rip yang dikemas dalam DVD lebih baik daripada DVDRip meskipun dengan ukuran yang sama tetapi dari sumber yang lebih bagus. BDRip biasanya tersedia dalam rilis berukuran DVDRip, biasanya berukuran 700-1,4 MB per film yang di-encoding dalam format XviD. Untuk rilisan BD5/BD9 juga sudah kompetibel dengan AVCHD (Advance Video Coding High Definition) Sehingga dapat diputar pada Blu-Ray player yang kompetibel dengan standar AVCHD.

Masih banyak sebenernya mengenai Jenis-jenis Film Berdasarkan Waktu Rilis tapi untuk kali ini cukup segini aja dulu yang bisa gue share karena, menurut gue jenis-jenis ini biasanya yang sering dilihat oleh banyak orang. Terima kasih telah membaca post mengenai Jenis-jenis Film Berdasarkan Waktu Rilis. Regards.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »