Install Ubuntu 14.04 di Lenovo G410

Install Ubuntu 14.04 di Lenovo G410 - Ya, ini post lanjutan dari Try/Live CD Ubuntu 14.04 di Lenovo G410 kemarin. Untuk kali ini gue mau share Install Ubuntu 14.04 di Lenovo G410. Sebelomnya kalian udah mengenal Lenovo G410 yang gue punya kan? Ya, laptop ini mempunyai dual graphics antara Intel HD dengan AMD. Jadi, kemungkinan bagi yang laptopnya mempunyai masalah yang sama kaya yang gue alamin mungkin aja cara ini bisa memudahkan kalian.

Cara ini sebenernya sama seperti Try/Live CD Ubuntu 14.04 di Lenovo G410, intinya kita harus uninstall driver AMD tersebut. Gue asumsikan kalian udah install Ubuntu 14.04 di laptop kalian, dan gue mulai dari  GRUB kalian muncul.

Setelah GRUB menu muncul, highlight pada +Ubuntu kemudian tekan E, kemudian akan berpindah ke menu yang banyak tulisannya, cari tulisan quiet splash -- jangan lupa tambahkan nomodeset diakhirnya. Modelnya sama ketika kita Try/Live CD Ubuntu 14.04 di Lenovo G410, dan yang terakhir tekan ctrl+x ketika sudah selesai. Maka kita akan masuk ke desktop Ubuntu tersebut.

Kita sudah sukses masuk ke Ubuntu, tinggal kita uninstall driver AMD tersebut. Buka terminal, masuk sebagai root dengan cara sudo -s dan masukan password kalian. Lanjutkan dengan perintah

sudo apt-get remove --purge xserver-xorg-video-ati xserver-xorg-video-radeon
Reboot komputer kalian setelah perintah tersebut dilakukan. Secara keseluruhan seharusnya sudah dapat berjalan dengan baik tanpa ada peringatan The system is running in low graphics mode lagi. Sekian dulu post gue kali ini mengenai Install Ubuntu 14.04 di Lenovo G410. Regards.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Unknown
AUTHOR
October 23, 2015 at 5:54 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar