Try/Live CD Ubuntu 14.04 di Lenovo G410

Try/Live CD Ubuntu 14.04 di Lenovo G410 - Setelah sekian minggu gak posting sesuatu di blog ini, gue mau share gimana Try/Live CD Ubuntu 14.04 di Lenovo G410. Sebelom lebih dalem ngebahas gimana caranya, kita kenalan dulu sama Lenovo G410 yang gue punya. Lenovo G410 untuk seri 0016 ini pada dasarnya mempunyai dual graphics antara Intel HD Graphics 4600 dengan AMD Radeon HD 8570M. Sedangkan Ubuntu 14.04 atau Trusty Tahr ini belom support untuk driver AMD-nya.

Untuk masalah yang kaya gini, bagi gue yang pemula dalam sistem operasi yang open source cukup membingungkan, kenapa? Karena gue gak tau caranya. Setelah gue cari solusinya di internet gue menemukan thread Kaskus yang ngebahas tentang Ubuntu 14.04 dan Lenovo G410. Pas banget gue bilang. Dari salah satu kaskuser disana ada juga yang menggunakan Lenovo G410 untuk menggunakan Ubuntu 14.04 secara dual boot.

Dalam postingannya, doi ngasih tau cara install Ubuntu 14.04 tersebut di Lenovo G410-nya. Pada dasarnya, Ubuntu 14.04 ini belom support untuk driver AMD yang ada di Lenovo tersebut. Oleh karena itu, kita harus mem-uninstall driver AMD yang ada di Ubuntu 14.04. Gimana caranya?

Persiapan semua udah dilakukan, jadi gue langsung ke intinya aja ya. Pada Installer boot menu Ubuntu 14.04 yang ada tulisan Try Ubuntu, dll. Kalian cukup tekan Tab pada menu tersebut. Nanti muncul boot menu options di paling bawah layar. Cari di tulisan-tulisan tersebut quiet splash -- kemudian tambahkan nomodeset setelah tulisan tersebut. Contohnya kaya gini

quiet splash -- nomodeset
Setelah ditambahkan tekan ctrl+x dan enter, selesai. Komputer kemudian akan masuk ke dalam desktop dan kalian bisa Try/Live CD Ubuntu 14.04 di Lenovo G410. Gampangkan? Iya, gampang kalo udah tau, haha.

Segini aja untuk Try/Live CD Ubuntu 14.04 di Lenovo G410. Dan nanti akan gue tambahkan lagi gimana cara install Ubuntu 14.04 di Lenogo G410 ini. Kalian cukup ikutin blog ini untuk dapet info-info baru dari gue. Regards.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Unknown
AUTHOR
September 28, 2015 at 11:51 AM delete

boot pake yumi gak nemu Nanti muncul boot menu options di paling bawah layar. Cari di tulisan-tulisan tersebut quiet splash -- k

Reply
avatar