Memutar File .mkv Pada Subtitle Workshop

Memutar File .mkv Pada Subtitle Workshop - Bagi sebagian pengguna internet pasti sering dong nonton film/video buatan luar negri, apapun genre-nya pasti yang kita utamain adalah subtitle-nya. Kalo nonton film/video luar negri kalo gak ada subtitle Indonesianya jadi kurang paham akan jalur ceritanya, ya walaupun kalo mau lebih paham akan jalur ceritanya lebih baik gak pake subtitle Indonesia juga sebenernya.

Tapi pernah sadar gak kalo mau buat subtitle buatan sendiri itu gak gampang? Harus presisi waktu sama gerak mulut aktor/aktris yang akan bicara pada video tersebut. Ya, gue pernah coba bikin dan hasilnya? Gue lebih milih buat download aja, haha.

Salah satu program pembuat subtitle yang gue gunain adalah Subtitle Workshop. Versi yang gue gunain waktu itu sampe sekarang versi 6.0b, ya, meski gue juga gak tau versi terakhir versi berapa ternyata dan menurut info yang gue baca ini freeware. Jadi gak perlu beli license lagi. Oh iya, karena gue lagi mengikuti program TV Series dari Amerika yakni The Walking Dead yang terakhir gue tonton saat gue nulis postingan adalah Season 5 Episode 13. Gue jadi sering download subtitle buat ngebantu gue buat paham akan jalur cerita dari film tersebut.

Nah, dalam postingan kali ini gue mau share agar file yang berformat .mkv yang kebanyakan file video berformat .mkv bisa dijalankan di Subtitle Workshop. Karena, secara default file yang berformat .mkv tidak bisa dijalankan di dalam program tersebut. Harus ada tambahan lagi agar bisa diputar pada Subtitle Workshop. Untuk mengecek apakah Subtitle Workshop bisa memainkan file .mkv ada baiknya kalian memutarkan file .mkv di Windows Media Player. Apakah bisa diputar file tersebut? Kalo tidak berarti di Subtitle Workshop pun file .mkv tidak bisa diputar.

Setelah cari info di internet, gue menemukan caranya. Gimana? Kalian cukup download dan install program tersebut agar file .mkv bisa diputar di Subtitle Workshop. Namanya Haali Media Splitter dan Ffdshow. Selain bisa memutarkan file .mkv di Subtitle Workshop, program ini juga bisa memutarkan file .mkv pada Windows Media Player. Download-nya dimana? Nih, gue kasih link download-nya dibawah biar gak usah cari-cari di internet lagi.

Haali Media Splitter

Ffdshow

Kedua program diatas tinggal kalian install dan coba jalankan Subtitle Workshop sekalian memutar file .mkv yang akan kalian buat subtitle-nya sendiri. Misal ada pertanyaan mengenai postingan diatas bisa langsung komentar dibawah, jangan malu-malu ah.. Regards.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »