Bootrec Pada Windows 7

Bootrec Pada Windows 7 - Ya, salah satu tools yang ada pada Windows 7 ini memiliki kegunaan yang penting. Apa lagi bagi kalian yang menggunakan dua OS pada komputer/laptop kalian, terutama bagi sistem motherboardnya UEFI. Apabila Grub Ubuntu tidak bisa membaca sistem opreasi yang ada pada hard drive kalian maka, kalian harus berpikir dua kali untuk menggunakan dua OS.

Bootrec Pada Windows 7Untuk post sebelumnya, yakni Repair, Restore, dan Reinstall Grub 2 dengan Live CD yang punya kegunaan untuk mengembalikan Grub yang hilang. Sama halnya dengan Grub, apabila Master Boot Record tidak dapat diakses maka, kita tidak bisa masuk ke dalam sistem operasi Windows tersebut. Nah, untuk mengembalikan Master Boot Record tersebut kita memerlukan file installasi Windows.

Bagaimana mengembalikan Master Boot Record tersebut agar kembali seperti biasa? Kita memerlukan file installasi Windows yang kita gunakan untuk install Windows yang sudah terinstall di komputer/laptop kalian atau bisa juga dengan file installasi yang sesuai dengan seri dari Windows kita. Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Boot menggunakan file installan Windows yang kalian gunakan, boleh menggunakan media CD atau Flashdrive.
  2. Pada tampilan ikuti langkah selanjutnya, yaitu pada pilihan Language to install klik saja Next
  3. Tahap berikutnya adalah pilih Repair your computer
  4. Pada jendela berikutnya yaitu, System Recovery Options pilih Command Prompt
  5. Muncul jendela Command Propmpt, untuk mengetahui keseluruhan fungsi dari bootrec atau boot recovery ini ketik bootrec --help pada jendela Command Prompt
  6. Maka akan ada pilihan /FixMbr, /FixBoot, /ScanOS, /RebuildBcd
  7. Cara memerintahannya pun mudah, berikut contohnya: bootrec /fixboot, bootrec /fixmbr 
Untuk masing-masing dari fungsi bootrec bisa kalian lihat dari bootrec --help, gue rasa cukup gampang untuk mengartikannya. Gue rasa cukup sampe sini dulu mengenai Bootrec Pada Windows 7. Regards 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »