Menangani Grub Rescue Pada Ubuntu

Menangani Grub Rescue Pada Ubuntu
Menangani Grub Rescue Pada Ubuntu - Yap, karena gue menggunakan dual boot antara Ubuntu dengan Windows muncul beberapa problem yang silih berganti, mulai dari tidak munculnya pilihan loader pada grub, hilangnya grub sampai adanya grub rescue. Well, namanya juga hidup, pasti ada halangan yang dateng. Untuk yang mengalami grub rescue ini dicirikan dengan munculnya tampilan khas Ubuntu berwarna ungu dengan tulisan error: unknown filesystem. grub rescue>

Sebab terjadinya grub rescue ini gue gak tau pastinya, waktu terakhir gue coba karena sering fixboot Windows gue yang dikarenakan ketiban sama grub. Sempet bingung juga nanya ke temen gue, si juragan pinguin yang kurang tau masalah ini. Akhirnya setelah cari kesana-sini gue menemukannya di Youtube, yeay! Berikut video yang gue maksud untuk Menangani Grub Rescue Pada Ubuntu


Dari video yang di upload oleh pad2G doi menuliskan beberapa perintah untuk Menangani Grub Rescue Pada Ubuntu. Nah, bagi yang gak bisa buffer gue tulisin perintah tersebut, kalian hanya perlu menuliskannya kembali pada layar ungu tersebut.

set boot=(hd0,msdos6)
set prefix=(hd0,msdos6)/boot/grub
insmod normal
normal
Maka tampilan akan kembali secara sempurna seperti sediakala, kalian sudah bisa mengakses grub kembali seperti normal. Sekian mengenai Menanganai Grub Rescue Pada Ubuntu kalo ada yang mau ditambahkan tentang materi diatas silakan komentar dibawah. Regards.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »