Tutorial Setting ConvertXtoDVD

Tutorial Setting ConvertXtoDVD - Pada kesempatan kali ini, gue mau share Tutorial Setting ConvertXtoDVD agar bisa memainkan video di DVD Player. Sebetulnya, tutorial ini kelanjutan dari Download ConvertXtoDVD 5.1.0.1 kemarin.Untuk mempermudah setting pada ConvertXtoDVD maka, gue buat tutorial ini buat kalian semua.

Karena keterbatasan Harddisk gue, gue berniat nge-burn hampir semua film yang gue punya di Harddisk gue. Biar sekalian asik, gue cari cara agar film yang gue burn nanti bisa berjalan di DVD Player. Lumayankan satu keping DVD bisa muat 4 film sekaligus, gak makan banyak space di Harddisk gue.

Tanpa panjang lebar lagi karena, tutorial yang akan gue share cukup panjang, langsung ikutin tutorial dibawah aja ya.

Rules:
  • Pada tahap pertama, gue saranin pake kaset DVD-RW aja biar bisa diapus nantinya dan jangan lupa sama DVD-RW buat nge-burn-nya ya.
  • Kemudian, buka ConvertXtoDVD kalian, pada tab File pilih Add video file
  • Pilih video yang akan kalian burn. Karena, space dari DVD-RW yang standart 4.7 GB maka, kemungkinan ada sekitar 4 video file yang bisa kita masukin ke dalem satu keping DVD. DVD dengan size 4.7 GB biasa disebut DVD-5.
  • Kalo udah memasuki semua video file yang akan kita burnig, maka akan terlihat seperti kotak-kotak yang disebelah kiri ini.
  • Semua video file sudah semua, tinggal kita setting sesuai dengan keinginan kita. Kemudian, arahkan kursor ke tab Default Setting dan pilih tab General.
  • Pada tab General di jendela Setting, kita bisa menentukan folder mana yang nantinya akan dijadikan tempat hasil convert video file tersebut. Nah, pada tab ini gue uncheck yang berbau update seperti, Do not prompt for updates dan Check internet for updates regularly.
  • Pindah ke tab Chapters pada jendela yang sama, uncheck Create Chapter every dan For titleset longer than.
  • Setelah selesai, pindah ke tab DVD Menus. Untuk setting pada tab ini, kita bisa memilih template untuk DVD kita ketika kita akan memilih judul ketika DVD akan dimainkan, pilih sesuai dengan jumlah video file yang kita masukan sebelumnya. Untuk Play title one after the other silakan di uncheck saja.
  • Tahap selanjutnya pada tab Encoding karena, kaset DVD yang kita gunakan berukuran 4.7 GB pada Target Size kita pilih DVD-5. Pada Conversion Priority pilih Highest yang menjadikan proses conversion menjadi prioritas yang diutamakan. Pada Two Pass Encoding silakan check karena, akan menghasilkan hasil convert yang lebih baik tetapi memakan waktu lebih lama dibanding One Pass Encoding.
  • Pindah lagi ke tab Video Processing, Untuk Video Resize Method pilih Automatic yang secara automatis akan menambahkan/mengurangkan bagian hitam pada bagian atas/bawah video nanti. Sedangkan untuk Multicore Processor tergantung dari prosessor komputer yang kita gunakan, apabila prosessor yang kita gunakan sudah 4 core maka yang akan keluar secara langsung pada bagian ini adalah angka 4.
  • Untuk selanjutnya tab Audio pada bagian Convert Audio to Format pilih MPEG, Stereo karena, suara yang dikeluarkan lebih bagus daripada yang lainnya. Untuk Audio compression cukup Loud saja karena suara yang dikeluarkan sudah cukup keras. Kalo mau yang 100% juga tidak masalah dan megeluarkan suara yang lebih keras lagi.
  • Tahap selanjutnya pindah ke TV Format, menurut info yang gue baca TV di Indonesia sudah mendukung fotmat PAL maupun NTSC dan DVD Resolution Pilih Full D1.
  • Langkah selanjutnya tab Subtitles, untuk Default Subtitle Language gue memilih Indonesia. Untuk memodifikasi subtitle kita nanti klik Subtitle Text Rendering Settings.
  • Maka, akan keluar jendela baru. Pada jendela ini kita bisa menyesuaikan subtitle untuk video file kita nanti. Untuk Font kita bisa pilih Arial dengan Size 18. Apabila ada notifokasi yang mengharuskan Max Lenght sekitar berapa, ikuti saja.
  • Tab Burning, pada bagian ini kalo kita check Burning Result to DVD or as an ISO File in Working Folder maka secara langsung hasil convert nanti akan di burn ke dalam DVD atau menjadi format ISO saja. Kemudian pilih device yang akan kita gunakan untuk burning dan 4x tersebut adalah kecepatan ketika burning nanti, pilih 4x saja agar tidak ada gangguan ketika dimainkan di DVD Player nanti. Default DVD Label terserah mau diisi dengan apa, ini adalah nama dari DVD kita nanti.
  • Semua setting sudah sesuai, tinggal mengecek video file kita apakah sinkron dengan pengaturan kita tadi. Untuk melihatnya tingggal Preview disamping list video file yang kita masukan tadi.
Lumayan juga Tutorial Setting ConvertXtoDVD kali ini, ya daripada gue tau tapi gak gue sharekan? Mending gue tulis disini. Segini dulu Tutorial yang gue kasih kali ini, semoga bermanfaat pbagi kalian semua. Regards.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »